Image of CD: 600 Teknologi Inovatif Pertanian

CD-ROM

CD: 600 Teknologi Inovatif Pertanian



Sektor pertanian masih menjadi prioritas dalam pembangunan ekonomi nasional, guna mencukupi kebutuhan pangan masyarakat yang terus meningkat seiring dengan pertumbuhan populasi di Indonesia. Namun demikian, target pemerintah tidak hanya pada tercapainya swasembada pangan yang berkelanjutan, tetapi Kementerian Pertanian bahkan telah menyusun grand design Indonesia menjadi Lumbung Pangan Dunia pada tahun 2045.
Di sisi lain, kita dihadapkan pada tantangan seperti perubahan iklim global dan keterbatasan sumberdaya yang tersedia, sehingga pembangunan pertanian harus berorientasi pada efisiensi dan daya saing. Untuk itu, penguasaan dan penerapan IPTEK menjadi kunci bagi keberhasilan dalam mendukung pembangunan pertanian.Buku 600 Teknologi Inovatif Pertanian ini, merupakan rangkuman representasi dari invensi-invensi unggulan yang telah dihasilkan oleh inventor Balitbangtan. Untuk mempercepat adopsi invensi Balitbangtan tersebut, maka dibutuhkan kerja sama dengan berbagai pihak, baik penyuluh, swasta mitra kerjasama alih teknologi atau kerjasama penelitiandan pengembangan, akademisi, maupun stakeholders lainnya, sehingga invensi Balitbangtan dapat menjadi inovasi yang memberikan manfaat bagi petani pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Guna mendorong laju pembangunan pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) semenjak kehadirannya tahun 1974 telah memberikan kontribusi yang nyata, di antaranya melalui penyediaan inovasi teknologi pertanian inovatif. Hingga tahun 2015, Balitbangtan telah membukukan “500 Teknologi Pertanian Inovatif” mendukung kinerja Subsektor Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan. Cakupan teknologi yang dihasilkan memiliki spektrum luas, mulai dari penyiapan informasi teknik sebagai informasi dasar hingga pengembangan produk pertanian dari hulu sampai produk hilir (olahan).
Balitbangtan secara konsisten dan berkesinambungan setiap tahun melakukan inisiasi teknologi pertanian inovatif seiring dengan tuntutan pembangunan pertanian yang dinamis. Dalam kurun waktu dua tahun (2016 – 2017), Balitbangtan berhasil menambah jumlah teknologi pertanian inovatif sebanyak 100 item, sehingga jumlah inovasi teknologi pertanian inovatif yang dibukukan Balitbangtan hingga tahun 2017 tercatat 600 jenis.
Penyusunan buku “600 Teknologi Pertanian Inovatif Balitbangtan“ ini bertujuan untuk menyebarluaskan teknologi pertanian inovatif dari Balitbangtan kepada calon pengguna teknologi, baik pengguna utama maupun pengguna usaha di bidang pertanian. Cara penyajiannya disampaikan dengan bahasa sederhana yang mudah dicerna agar dapat diacu ketika menerapkan teknologi ini.
Uraian teknologi dalam buku ini disajikan secara sistematis berdasarkan pengelompokan ke dalam tujuh bagian: (1) Informasi Dasar, (2) Varietas Tanaman, (3) Usaha Ternak dan Pendukungnya, (4) Pupuk dan Pengendali Hayati, (5) Perangkat Uji, Alat dan Mesin Pertanian, (6) Produk Olahan Pertanian, Formula, dan Teknologi Proses, serta (7) Bioenergi dan Lingkungan.


Ketersediaan

630 TIM tCDU000246My Library (Rak-CD)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
630 TIM t
Penerbit IAARD Press : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
lv, 638 hlm.; ill.; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-344-214-0
Klasifikasi
630
Tipe Isi
text
Tipe Media
other
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this