Image of Ensiklopedia Muhammadiyah 2.0 : membangun Indonesia berkemajuan

Text

Ensiklopedia Muhammadiyah 2.0 : membangun Indonesia berkemajuan



Matan Kepribadian Muhammadiyah menyebutkan bahwa Muhammadiyah adalah persyarikatan yang merupakan Gerakan Islam, yang bergerak dan menggerakkan masyarakat menuju tujuannya, yaitu "Terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya". Untuk mencapai maksud dan tujuan, Muhammadiyah melaksanakan Da'wah Amar Ma'ruf Nahi Munkar dan Tajdid yang diwujudkan dalam usaha di segala bidang kehidupan. Usaha Muhammadiyah diwujudkan dalam bentuk amal usaha, program, dan kegiatan, yang macam dan penyelenggaraannya diatur dalam Anggaran Rumah Tangga (Pasal 7 Anggaran Dasar Muhammadiyah).

Muhammadiyah telah membentuk Bagian Taman Pustaka, yang saat ini menjadi Majelis Pustaka dan Informasi (MPI), sejak tahun 1920, bersama tiga Bagian lain yaitu Bagian Sekolahan, Bagian Tabligh dan Bagian Penolong Kesengsaraan Umum (PKU). Bagian Taman Pustaka pada tahun 1920 itu mencanangkan program kerja untuk menerbitkan berbagai publikasi, buku-buku yang berfaedah dengan membawa ilmu pengetahuan yang berguna bagi kemajuan masyarakat bangsa dan negara yang tidak bertentangan kepada agama terutama agama Islam. Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) di masa kini menjadi badan pembantu pimpinan persyarikatan yang melaksanakan tugas pokok antara lain: a) Mengoptimalkan pemanfaatan multimedia dan teknologi informasi untuk menopang aktivitas Persyarikatan meliputi media elektronik, dalam hal ini radio dan televisi, media internet dan mobile devices, media cetak, dan lain-lain; b) Meningkatkan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan yang berfungsi untuk pengembangan pengetahuan dan informasi warga Persyarikatan dan masyarakat luas; c) Melaksanakan pelatihan pustakawan dan public relations dalam menunjang pelayanan dan fungsi-fungsi tugas Persyarikatan; d) Meningkatkan pelayanan publikasi baik yang bersifat cetak maupun elektronik sebagai bagian penting dalam pengembangan syi'ar Persyarikatan.

Penerbitan Ensiklopedia Muhammadiyah ini merupakan salah satu pelaksanaan tugas atau program kerja MPI dalam meningkatkan pelayanan publikasi cetak. Dalam periode 2015-2020 (yang diperpanjang sampai 2022, karena pandemi Covid-19), MPI PP Muhammadiyah telah menyusun dan menerbitkan berbagai buku antara lain: Profil Amal Usaha Muhammadiyah (2015), Manajemen dan Standarisasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-'Aisyiyah (2017), UNISA: Dari Sekolah Menengah Menjadi Perguruan Tinggi (2017), Percik Pemikiran Tokoh Muhammadiyah untuk Indonesia Berkemajuan (2018), The Spirit of Dauzan Gagasan dan Aksi Pegiat Literasi Muhammadiyah (2018), Muhammadiyah dan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat (2018), Manajemen dan Standardisasi Perpustakaan Sekolah/Madrasah Muhammadiyah Menuju Standar Nasional (2019), Masyarakat Digital Melawan Hoaks Melalui Akhlak Bermedia Sosial (2020), New Innovation dalam New Normal Adaptasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah (2020), Wawasan Agama Madani: Sebuah Keniscayaan Sosiologis.
Bangsa Majemuk -Prof Dadang Kahmad (2020), The Teaching of KH Ahmad Dahlan 7 Philosophies and 17 Categories of Qur'anic Teaching (2020), Pendidikan Agama Islam yang Pluralistis: Basis Nilai dan Arah Pembaruan -Pidato Guru Besar Prof. Dr. Abdul Mu'ti, M.Ed. (2020), 100 Tokoh Muhammadiyah yang Menginspirasi (2020) Sukses Akreditasi Perpustakaan Sekolah/Madrasah Muhammadiyah (2021), Sejarah Muhammadiyah dalam Lintasan Zaman Kumpulan Paper Kongres Sejarawan Muhammadiyah (2021), dll. (lihat link bit.ly/3VX9JZA -ISBN listed).

Penerbitan buku Ensiklopedia Muhammadiyah 2.0 ini menjadi penerbitan penutup bagi MPI PP Muhammadiyah periode Muktamar Muhammadiyah ke-47. Penulisan angka 2.0 menandai bahwa penerbitan ensiklopedia ini bersifat hibrid, informasi yang dituliskan dalam ensiklopedia dikuatkan dan dihubungkan (linked) dengan informasi yang lebih luas yang berada di jagad maya internet, melalui tautan URL shortener (bit.ly) dan QR Code. Selain itu, Ensiklopedia Muhammadiyah ini terhubung juga dengan Ensiklopedia Muhammadiyah versi online yang diberi nama (URL address) wikimu.org, dimana informasi yang termaktub dalam wikimu.org bersifat lebih dinamis dan bisa dilakukan updating sewaktu-waktu, berbeda dengan ensiklopedi versi tercetak ini terbatas penyajian informasinya dan membutuhkan jangka waktu tertentu untuk melakukan updating, melalui penerbitan edisi berikutnya.

Mudah-mudahan usaha penyusunan Ensiklopedia Muhammadiyah 2.0 ini menambah khazanah publikasi tentang Muhammadiyah yang dapat memberi manfaat bagi kita semua dalam usaha memahami gerak perjuangan Persyarikatan Muhammadiyah sebagai salah satu bagian penting yang tidak terpisahkan dari kehidupan Bangsa Indonesia.

Kepada segenap Tim Penyusun, Tim Manajemen dan Produksi, serta Tim IT & Support System, kami ucapkan terima kasih atas segala jerih payahnya dalam menghadirkan Ensiklopedia Muhammadiyah ini. Terima kasih sebesar-besarnya kepada lembaga-lembaga/pihak sponsor yang memberi dukungan penuh bagi penerbitan buku ini, serta pihak-pihak lain yang turut berpartisipasi yang tidak dapat kami sebut satu persatu. Semoga karya ini menjadi amal shaleh dan amal jariyah kita semua. Amin.


Ketersediaan

PU16368297.6611 03 ERI eMuhammadiyah Corner UMMI (Golongan 200)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
297.6611 03 ERI e
Penerbit Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat Muhammdiyah : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xl, 700 hlm. : ilus. ; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-88083-1-1
Klasifikasi
297.6611 03
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
Cet. 1.
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this