Image of Komunikasi sistem pendidikan : analisis komprehensif

Text

Komunikasi sistem pendidikan : analisis komprehensif



Komunikasi Sisem Pendidikan merupakan tiga kajian keilmuan yang saling bersinergi dalam pembahasan buku ini. Komunikasi memberikan sumbangan pemikiran bahwa dalam menyampaikan sebuah pesan maka yang terpenting adalah tidak sekedar sampainya pesan dari komunikator kepada komunikan, tetapi apakah isi pesan itu dapat dipahami oleh komunikan sebagaimana yang diharapkan oleh komunikator dan bagaimana umpan balik selanjutnya.
Sistem memberikan sumbangan pemikiran bahwa sebagai suatu totalitas dari berbagai komponen, maka lemah atau kuatnya satu komponen akan memberikan pengaruh pada keseluruhan sistem itu. Dalam suatu sistem, keberhasilan mencapai tujuan tidaklah semata-mata ditentukan oleh komponen yang kuat, namun komponen yang paling lemahlah yang akan menentukan. Bagaikan pertandingan lari estfet empat kali seratus meter, maka yang menentukan kemenangan bukanlah pelari yang paling cepat, tetapi pelari yang paling lambat yang akan menentukan kemenangan itu. Karena itu dalam sebuah sistem diperlukan sinergitas.
Pendidikan sebagai kegiatan insani yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pendidikan merupakan sistem yang melibatkan begitu banyak sub sistem yang terdiri dari pendidik, peserta didik, fasilitas kependidikan, tenaga kependidikan, kurikulum, proses pembelajaran, laboratorium, perpustakaan, alumni, masyarakat dan pemerintah, memerlukan sinergitas dalam upaya mewujudkan tujuan pendidikan.
Jadi kaitan antara pendidikan dan komunikasi adalah bagaimana memformulasi komunikasi yang tepat agar proses pembelajaran itu mencapai hasil yang diharapkan, sedangkan kaitannya dengan sistem adalah bagaimana mensinergikan antara berbagai sub sistem pendidikan itu sehingga akan saling memberikan penguatan dalam mewujudkan tujuan pendidikan.


Ketersediaan

PU16736371.1022 MIS kMy Library (Golongan 300)Tersedia
PU16737371.1022 MIS kMy Library (Golongan 300)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.1022 MIS k
Penerbit Media Akademi : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xx, 432 hlm. : bib. ; 24 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-5584-29-9
Klasifikasi
371.1022
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
Ed. 1. ; Cet. 1.
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this