Image of Semboliyo model pariwisata olahraga gorontalo berbasis kearifan lokal

Text

Semboliyo model pariwisata olahraga gorontalo berbasis kearifan lokal



Provinsi Gorontalo mewarisi keindahan alam Indonesia, dijuluki – The Hidden Paradise. Teluk Tomini misalnya, termasuk kawasan konservasi kelautan yang dimiliki Provinsi Gorontalo. Memiliki luas perairan kurang lebih 6.000.000 hektare atau 60.000 km2 . Panjang garis pantai 436,52 km dimiliki oleh Provinsi Gorontalo dengan 51 situs menyelam (dive site), 1.179 km oleh Provinsi Sulawesi Tengah dengan 25 situs menyelam (dive site), dan 784,94 km oleh Provinsi Sulawesi Utara dengan 25 situs menyelam (dive site). Kekayaan alam bawah laut menjadikan Teluk Tomini menjadi kawasan wisata bahari bahkan kawasan lumbung pangan nasional.

Mengembangkan potensi pariwisata olahraga dapat menjadi salah satu cara untuk mewujudkan pencapaian tujuan Pemerintah Gorontalo. Karena pada umumnya, 75 objek wisata alam dan bahari memanfaatkan olahraga sebagai daya tarik wisata, seperti renang pantai, selam (scuba diving) dan snorkeling, jelajah hutan (hiking, tracking), paralayang, arung jeram dan river tubing.

Gaung membangun perekonomian negara dan daerah melalui pariwisata olahraga telah dimulai satu dekade yang lalu. Pengembangan pariwisata olahraga sebagai bagian industri pariwisata dan olahraga pun semarak di berbagai provinsi di Indonesia. Buku ini merupakan bagian dari usaha tersebut, dihasilkan dari penelitian yang berjudul – Pengembangan Model Pariwisata Olahraga Semboliyo di Provinsi Gorontalo: Pemanfaatan Kalender Musim Sebagai Bagian dari Kearifan Lokal.

Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan diantaranya:

Pola Musim di Provinsi Gorontalo
Kalender Musim Lokal Masyarakat Gorontalo
Model Pariwisata Olahraga Semboliyo
Unsur Pendukung Kegiatan Pariwisata di Provinsi Gorontalo".


Ketersediaan

PU17025797 MIR sMy Library (Golongan 700)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
797 MIR s
Penerbit Deepublish : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 59 hlm. : bib. ; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-02-5317-1
Klasifikasi
797
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
Cet. 1.
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this