Image of Dinamika ekonomi politik internasional

Text

Dinamika ekonomi politik internasional



Dinamika ekonomi politik internasional nyaris belum berubah sejak beberapa abad yang lalu yakni mengarah pada persaingan antara empat kutub yakni Kutub Eropa, Kutub Amerika-Jepang, Kutub Tiongkok-Rusia dan Kutub Negara-Negara Sedang Berkembang. Intinya adalah adanya hegemoni, penguasaan satu negara atas negara lain melalui jalur transmisi Arus Modal Asing (PMA) dan Sistem Nilai Tukar menggantikan jalur penjelajahan yang merupakan kapitalisme dunia dalam konteks pembagian kerja vertikal yang menempatkan negara-negara berkembang miskin hanya sebagai pemasok bahan baku bagi empat kutub pembangunan tadi. Interaksi antara keempat kutub tercipta melalui adanya integrasi perdagangan yang kemungkinan dapat berlanjut pada integrasi moneter. Bagi negara-negara Asia, dinamika ekonomi politik internasional tidak dapat mengabaikan peran besar Jepang, Tiongkok, India, dan Korea Selatan. Di Benua Afrika, agresivitas Tiongkok dan ketergantungan Afrika Utara pada Uni Eropa menjadi dinamika ekonomi yang sulit diabaikan.

Buku ini merupakan kumpulan tulisan selama perio de 2010-2022. Masa penulis buku ini terbagi atas dua yaitu masa di saat kami sedang menempuh Program Doktoral pada Pusat Kajian Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional Sekolah Pasca Sarjana Hukum, Ilmu Sosial, Ilmu Politik, Ilmu Ekonomi dan Manajemen (Ecole Doctorale DESPEG) Universitas Nice Sophia Antipolis selama periode 2008-2012. Masa kedua adalah pasca program studi sampai dengan Tahun 2022.

Buku ini terdiri dari tujuh bagian meliputi 33 tulisan yang pernah ditayangkan pada berbagai media massa online maupun cetak terutama baik www.hminews.com maupun media di Kota Palu: Radar Sulteng, Media Alkhairaat, Metro Sulawesi sebagai bagian dari misi memberikan “kuliah” pada masyarakat.

Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, diantaranya:

Bagian Pertama Dinamika Kurs Valuta Asing
Bagian Kedua Perjalanan Krisis Ekonomi dan Perang Dagang
Bagian Ketiga Dampak Covid–19 Pada Perekonomian
Bagian Keempat Perekonomian Amerika dan Awal Masa Hegemoni Ekonomi Tiongkok
Bagian Kelima Dinamika Ekonomi Politik di Benua Afrika dan Euromediterania
Bagian Keenam Dinamika Ekonomi Politik di Daratan Amerika
Bagian Ketujuh Dinamika Ekonomi Politik di Kawasan Asia Tengah, Asia Tenggara dan Asia Timur


Ketersediaan

PU16663337 MOH dMy Library (Golongan 300)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
337 MOH d
Penerbit Deepublish : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xviii, 148 hlm. : bib. ; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-02-5807-7
Klasifikasi
337
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
Cet. 1.
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this