Image of Mengetahui, mengenal, mempraktikkan, dan merancang sport education menggunakan cabang olahraga bola voli

Text

Mengetahui, mengenal, mempraktikkan, dan merancang sport education menggunakan cabang olahraga bola voli



Permainan bola voli merupakan suatu cabang olah raga berbentuk memvoli bola di udara bolak-balik di atas jaring/net, dengan maksud menjatuhkan bola di dalam petak lapangan lawan untuk mencari kemenangan. Memvoli dan memantulkan bola ke udara dapat menggunakan bagian tubuh mana saja, asalkan perkenaannya harus sempurna (tidak ganda atau double). Permainan bola voli merupakan cabang olahraga yang dimainkan oleh dua regu dengan jumlah pemain enam orang dalam setiap regunya yang bertujuan untuk menjatuhkan bola voli ke daerah lawan menggunakan tangan (Kharisma, 2019, hlm. 7).

Peraturan dasar yang digunakan adalah bola harus dipantulkan oleh tangan/lengan, atau dari seluruh anggota badan. Bola harus diseberangkan ke lapangan lawan melalui atas net dan setiap tim hanya maksimal tiga kali memantulkan bola secara bergantian di daerahnya sendiri. Masing-masing regu terdiri dari enam orang dalam permainan bola voli dengan asas gotong[1]royong, kesenangan, dan kemampuan fisik. Permainan bola voli merupakan suatu alat untuk meningkatkan kesegaran jasmani, kesehatan statis, dinamis, dan prestasi bagi para pemain.

Bermain voli akan berkembang unsur-unsur daya pikir, kemampuan, dan perasaan. Di samping itu juga kepribadian akan berkembang dengan baik termasuk self-control, disiplin, rasa kerja sama, dan rasa tanggung jawab terhadap apa yang diperbuatnya. Hal ini karena permainan bola voli termasuk dalam kelompok keterampilan terbuka, yang dipengaruhi oleh lingkungan yang selalu berubah-ubah. Tanpa memiliki banyak pengalaman belajar, akan sulit seseorang untuk mempelajari keterampilan bermain bola voli sampai tingkat yang baik, dan akan lebih sulit lagi jika permainan bola voli dilakukan tanpa adanya asas kerja sama.

Buku ini merupakan lanjutan dari buku sebelumnya yang berjudul Mengetahui, Mengenal, Mempraktikkan, dan Merancang Sport Education Menggunakan Cabang Olahraga Futsal sebagai cabang olahraga tim yang bersifat invasi dengan adanya kontak fisik. Yang membedakan yaitu, buku ini memberikan pengantar yang lengkap terkait dengan penggunaan Sport Education cabang olahraga bola voli yang juga termasuk kepada cabang olahraga tim yang bersifat invasi namun tidak terjadi kontak fisik dalam permainannya yang dibatasi dengan adanya net dalam permainannya.


Ketersediaan

PU17022796.325 AGI mMy Library (Golongan 700)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
796.325 AGI m
Penerbit Deepublish : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xiv, 114 hlm. : ilus. : bib. ; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-02-3657-0
Klasifikasi
796.325
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
Cet. 1.
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this