Image of Ilmu bahasa Indonesia morfologi : suatu tinjauan deskriptif

Text

Ilmu bahasa Indonesia morfologi : suatu tinjauan deskriptif



"Buku ini merupakan cetak ulang dengan beberapa perbaikan daripada buku Ilmu Bahasa Indonesia, Morfologi, Suatu Tinjauan Deskriptif, yang terbit di Yogyakarta, pada tahun 1967.

Morfologi merupakan bagian dari ilmu bahasa atau linguistik. Ilmu bahasa secara singkat dapat dijelaskan sebagai ilmu yang mempelajari seluk-beluk bahasa secara ilmiah, atau secara scientific. Seperti halnya ilmu-ilmu lain, ilmu bahasa bersifat umum, maksudnya tidak terikat pada sesuatu bahasa. Namun demikian, berdasarkan bahasa yang dipelajari, ilmu bahasa dapat dibedakan menjadi ilmu bahasa Jawa, ialah ilmu bahasa yang khusus mempelajari bahasa Jawa, ilmu bahasa Sunda, ialah ilmu bahasa yang khusus mempelajari bahasa Sunda, dan ilmu bahasa yang khusus mempelajari bahasa Indonesia, di sini disebut ilmu bahasa Indonesia.

Selain berdasarkan bahasa yang dipelajari, ilmu bahasa dapat juga diperbedakan berdasarkan struktur internnya. Berdasarkan ini, ilmu bahasa dapat diperbedakan menjadi fonetik, fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik. Fonetik mempelajari bunyi bahasa terlepas dari fungsi bunyi bahasa sebagai pembeda arti; fonologi mempelajari bunyi bahasa sebagai pembeda arti, ialah yang disebut fonem ; morfologi mempelajari seluk-beluk struktur kata; sintaksis mempelajari seluk-beluk struktur frase, kalimat, dan wacana; dan semantik mempelajari seluk-beluk arti.

Sebagai ilmu, ilmu bahasa berhubungan erat dengan ilmuilmu lain, a.l. antropologi, sosiologi, psikologi, dan kesusasteraan. Berdasarkan hubungan ilmu bahasa dengan ilmu-ilmu lain itu, ilmu bahasa dapat diperbedakan menjadi etnolinguistik, psikolinguistik, sosiolinguistik, stilistika, dan sebagainya lagi."


Ketersediaan

PU16309499.221 59 RAM iMy Library (Golongan 400)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
499.221 59 RAM i
Penerbit Karyono : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xvii, 188 hlm. ; 20 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
499.22159
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
Cet. 8.
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this