Image of Good governance di sekolah : teori dan praktik menggairahkan partisipasi masyarakat edisi 2

Text

Good governance di sekolah : teori dan praktik menggairahkan partisipasi masyarakat edisi 2



Pandangan terhadap masih rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari kualitas pengelolaan sekolah. Hal ini sangat beralasan karena output utama sekolah adalah manusia terdidik. Siapakah manusia terdidik itu? Jawabannya sangat tergantung pada penilaian masyarakat. Dari perspektif sosial, penilaian terhadap kualitas sekolah bisa diidentikkan dengan kesesuaian antara karakteristik lulusan dan harapan masyarakat. Ketidaksesuaian antara keduanya melahirkan penilaian yang negatif terhadap sekolah.
Implementasi good governance di sekolah merupakan suatu alternatif untuk mengatasi kesenjangan antara harapan masyarakat, terutama orang tua, dan proses transformasi pendidikan yang dilaksanakan di sekolah. Proses transformasi pendidikan yang baik akan menghasilkan lulusan yang berkualitas, salah satu indikatornya adalah sesuai dengan tuntutan masyarakat. Melalui implementasi good governance manajemen sekolah dapat memiliki akuntabilitas yang kuat di hadapan masyarakat.
Buku ini berisi uraian tentang bagaimana meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan sekolah melalui implementasi prinsip-prinsip good governance. Pembahasan juga dilengkapi dengan penguatan sekolah sebagai learning community dan pentingnya peran kepemimpinan sekolah. Pembahasan didasarkan pada hasil-hasil penelitian yang diperkuat dengan landasan teoretik yang relevan.


Ketersediaan

PU16720371.201 BUJ gMy Library (Golongan 300)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
170.7 BUJ g
Penerbit Graha Ilmu : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
x, 122 hlm. : ilus. : bib. ; 24 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-228-151-6
Klasifikasi
170.7
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
Ed. 2. ; Cet. 1.
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this