Image of Etika administrasi negara : kajian moral penyelenggaraan pemerintah dan tata kelola pemerintah yang baik

Text

Etika administrasi negara : kajian moral penyelenggaraan pemerintah dan tata kelola pemerintah yang baik



Secara etimologis kata “etika” berasal dari bahasa Yunani, yaitu ethos dan ethikos. Ethos yang berarti sifat, watak, adat, kebiasaan, dan tempat yang baik. Ethikos berarti susila, keadaban, atau kelakuan dan perbuatan yang baik.

Etika merupakan suatu cabang pengetahuan yang terhitung tua usianya, etika telah diperbincangkan oleh para filsuf sekitar 4 SM. Para filsuf tercenung, memikirkan, bahkan memperdebatkan rumusan etika secara umum yang bertujuan untuk dijadikan patokan perilaku masyarakat kala itu. Etika yang kemudian dalam sudut filsafat dikenal sebagai filsafat etika atau filsafat moral atau fiisafat aksiologi merupakan refleksi dari ilmu pengetahuan manusia.

Dalam hal ini, moral dapat dimaknai sebagai seperangkat tingkah laku manusia, morallah yang menentukan mulia atau tidaknya manusia, terpuji atau tercelanya manusia, sebab tanpa kehadiran moral maka manusia hancur, tanpa kehadiran moral manusia bukanlah manusia.

Demikian pula dalam pembahasan buku Etika Administrasi Negara karya dari Agus Hiplunudin ini, yakni mengenai etika administrasi negara yang berkaitan dengan penyelenggaraan negara yakni kebijakan, birokrasi, dan pelayanan publik, untuk lebih jelasnya pahamilah isi dalam buku ini. Selamat membaca!


Ketersediaan

PU16948351 AGU eMy Library (Golongan 100)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
351 AGU e
Penerbit Lily Publisher : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
viii, 128 hlm. : bib. ; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-01-2446-4
Klasifikasi
351
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
Ed. 1. ; Cet. 1.
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this